Friday, April 5, 2019

BIOGRAFI PENULIS


   I MADE DANA SI ANAK PETANI POHON AREN




             Nama lengkapnya I Made Dana. Ia  biasa dipanggil Dana. Tapi teman –teman di sekolah memanggilnya DanDana artinya Harta dan I Made artinya Anak kedua akan tetapi ia anak pertama. Jadi arti nama adalah harta bagi orang tua nya. Ia  lahir pada tanggal 11 September 2003 di Br,Dinas Perangsari Kaja, Dusun duda utara, Kecamatan Selat, Kabupaten karangasem Bali.
 
           Ia terlahir di keluarga sederhana. Ayahnya bernama I Wayan Kartikaa Yasa dan ibunya bernama Ni Nengah Cenik Ariani Ayahnya bekerja sebagai Petani Pohon aren. Sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga dan berdagang. Ia anak pertama dari dua bersaudara.  Adik nya bernama I Komang Suardana bersekolah di SDN 3 Duda Utara. Kami tinggal di Br,Dinas Perangsari Kaja, Dusun duda utara, Kecamatan Selat, Kabupaten karangasem Bali.

Ia  sekolah SD di SD N 3 Duda Utara. Lalu ia bersekolah di SMP N 3 Selat. Prestasi ia saat itu hanya mendapat juara 1 di kelas.Sewaktu ia  SMP, ia aktif di Organisasi OSIS, walaupun ia  banyak ada kekurangan. Di sinilah ia  mempelajari banyak hal yang tak lama ini ia  mulai merasakan manfaatnya. Ia  juga bergabung di Pramuka peduli. Ia sering diundang untuk mengisi acara –acara di lingkungan sekitar.

Hobinya  berlari dan berbisnis. Ia gemar lari bersama teman-teman nya  dan juga berbisnis. Karena pengaruh dari paktor ekonomi nya, ia  menyukai bisnis untuk mendapatkan uang sebagai bekal sekolahnya di SMP dulu. Pagi-pagi ia  diajak ibu kepasar dipasar ia membantu tukang bakso disana ia  diberikan uang Rp.10.000,00 setiap ia  ke pasar, disana kebahagiaan yang ia  temukan melihat raut wajah masyarakat.

Ia  pernah menjadi kordinator pengungsi pada tanggal 22 september 2017 di sebuah tempat yang bernama Lapangan Mamed Desa Sinduwati Kecamatan sidemen. Disana ia bercengkerama dengan masyarakat saling tukar pikiran sesama pengungsi, disana ia  menemukan jiwa kepeminpinan saya dan rasa bermasyarakat yang kental di dalam dirinya. Karena itu ia  bertemu dengan banyak orang contohya, Made Alit patra,Kadek Asek dan keru rekaman video sebagai (Rekankerja Birohumas dan protokol provinsi Bali)  Kadek Ekanarta (Ketua pospera provinsi bali) I Komag Badra kanda (sebagai anggota BNPB dan PMI), Modori Ito, Ndorokakung (oi denpasar) Mahsun, Debagus Angung, Ikomang Rumana sebagai kepala wilayah desa Sinduwati.  Senang rasanya dapat diberikan kesempatan meminpin warga yang terkena musibah bencana erupsi gunung agung.

Karena musibah tersebut ia mengetahui bahwa di Bali ada  sekolah gratis  bernama  SMK N Bali Mandara ia  diberi   informasi oleh salh satu temannya  dan pada akhirnya ia melamar sekolah disana dan pada akhirnya ia  diterima sekolah disana dan sekarang seperti ini kehidupan ia  hidup di lingkungan asrama.

Ada satu hal yang ia  nikmati, yaitu ia  bahagia bisa membantu masyarakat. Ia bersyukur dengan apa yang ia punya dan ia  dapatkan saat ini. Ia  tidak suka pamer dan ia  masih suka hidup seserhana  seperti dulu bisa bermasyarakat. Ia  cenderung memilih Organisasi dari pada pembelajaran.

 Ia berharap agar ia dapat seperti mereka yang memiliki ketegaran hati dan semangat yang tinggi sehingga ia  kelak dapat diandalkan di kehidupan bermasyarakat.



Nama                                     :  I Made Dana
Tempat Tgl Lahir                  :   Perangsari Kaja, 11September 2003
Nama Ayah                           :  I Wayan Kartika Yasa
Nama Ibu                              :  Ni Nengah Cenik Ariani
Tempat Tinggal Sekarang     : Jl, Airsanih, Desa Kubutambahan, Kabupaten Buleleng
Asal Sekolah                         :  SMK N Bali Mandara
Cita-cita                                 : Polisi Teknologi

Situs Peribadi                        
E-mail                                    : danaimade41@gmail.com
Facbook                                 : Dana Made
Instagram                               : Made3764
Tuiter                                      : @imadedana3
Blogspot                                 : http://imadedana.wodpress.com
Youtube                                  : Silakan di klik