Friday, April 5, 2019

NYURAT LONTAR


              Nyurat lontar merupakan salah satu budaya yang kita miliki di bali karena nyurat lontar sudah ada sejak dahulu kala. Orang tua jaman dulu sering membuat cerita menggunakan bahasa sang sekerta dilontar kebanyakan yang kita temui menggunakan akasa bali. Orang tua jaman dulu membuat pupuh,cerita, di dalam lontar dan tak kalah bagusnya lukisan di dalam lontar yang mereka tulis menggunakan alat yan g bernama pengerupak. Tpi seiring berjalanya waktu nyurat lontar sudah jarang kita ketemui saat ini kebanyakan generasi muda kita sudah mulai melupakan akasa bali kita sendiri mulai dari penggunaan bahasa bali. Di era teknologi saaat ini sedikit sekali generasi muda bali yang bisa nyurat aksare bali di kertas maupun di loantar maka dari pada itu SMK N Bali Mandara mengadakan acara yang dinamakan Taksu Bali disini kami ingin mengajak generasi muda bali agar senantiasa menggunakan bahasa aksara bali. 
                   
                  Dalam acara ini bukan hanya siswa saja yang mengikuti perlombaan ini melainkan ibu Bapak guru juga ikut dalam perlombaan ini mereka unjuk kebolehan bawa salya kita bisa untuk mengajarkan generasi muda kita akan budaya kita sendiri yang ada di Bali. Raut ceria mereka memberikan isyarat bahwasalya budaya bali masih bisa populer di kalangan remaja bali.
          
                      Berikut ini merupakan gambar kegiatan serangkaian perlombaan nyurat lontar.


Ibu Bapak dewan guru sedang melakukan nyurat lontar menggunakan akasara bali

siswa menulis aksare bali di kertas dengan semangat mereka membuat inopasi dan terobosan yang baru untuk mempelajari budaya bali.

hasil karya siswa yang menulis aksara bali  di buku tulis mereka dengan membuat suatu karya inopasi lukisan (Baligrafi) menggunakan akasara bali.

hasil karya siswa nyurat lontar pada saat kegiatan berlangsung

dengan serius dan cekatan siswa melakukan perlombaan ini supaya memberikan hasil yang maksimal dan bagus nantinya supaya bisa memenagkan perlombaan

                                                                    Baligrafi




senyum gembira ibu bapak guru dalam melaksanakan kegiatan ini membuat siswa tambah semangat lagi untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.







2 comments:

I MADE DANA said...

mantap

habibatabar said...

Hyperallergenic Titanium Earrings - Titsanium-Arts
Buy Replacement Super titanium white dominus price No Knives for Women's Hyperallergenic Titanium Earrings online at schick quattro titanium the best discount in Australia tungsten titanium at Titsanium-Arts.com. Rating: 4.9 · titanium hair ‎10 votes · ‎$2.99 titanium blue · ‎In stock